Monday, 21 April, 2014
You are here :

SAP atau Satuan Acara Perkuliahan (SAP) adalah pembagian materi setiap pertemuan suatu matakuliah, yang berisi :
1. Materi kuliah setiap pertemuan
2. Tujuan dari materi yang diberikan serta buku-buku acuan sebagai penunjang kegiatan perkuliahan.  

Yang dimaksud dengan tujuan dari materi yang diberikan adalah pemahaman dan pengertian minimal dari mahasiswa setelah mendapatkan materi perkuliahan tersebut.

Setiap matakuliah harus memiliki Satuan Acara Pengajaran (SAP) yang digunakan sebagai acuan bagi dosen matakuliah tersebut.


Warning: Parameter 1 to plgContentDjfContent::onAfterDisplayTitle() expected to be a reference, value given in /home/saptaru/public_html/libraries/joomla/event/event.php on line 67
SAP PRODUCTION HOUSE PDF Print E-mail
Written by fikom   
Saturday, 21 April 2012 03:51

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

FAKULTAS
JURUSAN
MATA KULIAH
KODE MATA KULIAH
BEBAN KREDIT
TAHUN AKADEMIK
: FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
: S1. ILMU KOMUNIKASI
: PRODUCTION HOUSE
: IK 23301
: 2 (DUA) SKS
: 20 10 /20 11 (SEMESTER GANJIL)

 

No

Tatap Muka Ke

Pokok Bahasan

Tujian Intruksi Umum (TIU)

Tujuan

Intruksi Khusus (TIK)

Materi

Kegiatan Intruksional

Referensi

Cara Evaluasi

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

1

1

PERKENALAN

TV PRODUCTION

Mahasiswa mengenal program yang akan dijalani

Mahasiswa paham hal terkait production house, cara produksi distasiun televisi, jenis program berita di televisi

Jenis-jenis program berita di televisi

Karakter setiap program berita di televisi

Perbandingan jenis program televise dengan jenis media lain

Tatap muka Penyampaian teori

Diskusi

Buku dan contoh

Partisipasi mahasiswa dalam sesi tanya jawab

2

1

MENYUSUN CERITA

Mahasiswa dapat menulis dan menyusun cerita

Mahasiswa mampu mengembangkan ide dan gagasan tentang suatu cerita

Eksplorasi 5W + 1H

Penyusunan Naskah

Teori

Pengamatan di lingkungan kampus

Penyusunan naskah

Buku, diktat

Tugas dan penilaian hasil kerja

3

3

HARD NEWS & FEATURE

Mahasiswa paham tentang hards news dan feature dan perbedaannya

Mahasiswa mampu membuat dan membedakan antara hard news dan feature

Pemutaran berita (hard news + features)

Jenis berita dan feature

Trik penulisan feature dan berita

Menonton berita

Membuat rancangan liputan feature

Berita hard news dan feature

Penyampain teori dengan tatap muka

Hasil tugas

4

4

JENIS FILM DOKUMENTER

Mahasiswa mengenal berbagai jenis film

Mahasiswa mampu mengenali dan mempelajari film sebagai sarana komunikasi

Pemutaran film documenter

Teori film documenter, film docudrama, film cerita pendek, iklan televisi, program televisi

Pemutaran film

Tatap muka

diskusi

Film

Buku

contoh

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab

No

Tatap Muka Ke

Pokok Bahasan

Tujian Intruksi Umum (TIU)

Tujuan

Intruksi Khusus (TIK)

Materi

Kegiatan Intruksional

Referensi

Cara Evaluasi

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

5

5

PENULISAN NASKAH, KARAKTER & PLOT (1)

Mahasiswa paham tentang karakter dan plot cerita

Selain paham tentang ciri karakter dan plot cerita, mahasiswa mampu membuat naskah cerita

Penulisan naskah dan penggalian tentang karakter dan plot dalam penulisan naskah

Penulisan naskah tentang karakter feature

Buku

contoh

Partisipasi mahasiswa dalam tanya jawab

6

6

PENULISAN NASKAH, KARAKTER & PLOT (2)

Mahasiswa paham tentang karakter dan plot cerita

Mahasiswa paham isi karakter dan plot cerita, mahasiswa mampu membuat naskah cerita

Film tentang Jurnalis (Karakter dalam film)

Perdedaan antara karakter dan plot dalam film dengan berita

Pemutaran film Veronica Guerin (dokumenter jurnalis)

Tatap muka dan diskusi di kelas

Film

buku

Diskusi dan partisipasi dalam tanya jawab

7

7

BERITA TELEVISI

Mahasiswa paham tentang karakter dan penulisan berita televisi

Mahasiswa mengetahui, mempelajari dan mempraktekkan cara pembuatan berita televisi

Karaktek, jenis dan fungsi berita televisi

Organisasi di dalam redaksi news televisi

Bentuk dan format berita-berita televisi

Struktur dan roundown berita

Tatap muka

Pembahasan tugas feature

Buku

Diktat

contoh

Presentasi mahasiswa

Partispasi mahasiswa dalam tanya jawab

8

8

UJIAN TENGAH SEMESTER

Teori dari pertemuan pertama hingga ke tujuh

Menjawab soal-soal ujian

9

9

ALAT-ALAT PRODUKSI SIARAN

Mahasiswa mengenal alat-alat produksi berita televisi

Mahasiswa paham tentang peralatan dan metode yang digunakan dalam proses produksi news

Mengenal peralatan studio

Mengenal proses dan tim produksi news

Mengenal proses penyampaian siaran

Tugas-tugas tim produksi

Tatap muka dan diskusi

Diktat

contoh

Tanya jawab dan patisipasi dalam kelas

10

10

FIELD TRIP STASIUN TV (NEWS DIVISION TPI)

Mahasiswa mengetahui proses produksi berita

Mahasiswa melihat secara langsung dan mengeahui proses produksi berita di news room

Penjelasan dari pimpinan News TPI

Melihat ruang redaksi news

Melihat studio news

Proses produksi di news room

Keliling ruang redaksi, studio dan proses produksi news TPI

News room dan Studio news TPI

Penyelesaian tugas laporan tentang proses produksi berita televisi

No

Tatap Muka Ke

Pokok Bahasan

Tujian Intruksi Umum (TIU)

Tujuan

Intruksi Khusus (TIK)

Materi

Kegiatan Intruksional

Referensi

Cara Evaluasi

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

11

11

NILAI BERITA GAMBAR TAK BERGERAK

Mahasiswa paham nilai berita sebuah gambar tidak bergerak (foto)

Mahasiswa mengetahui pemilihan foto (gambar tidak bergerak) dan membandingkan dengan gambar bergerak (film)

Dosen tamu seorang fotografer professional yang menyampaikan tentang nilai dan karakter foto yang mempunyai nilai jurnalistik

Penampilan aneka jenis foto jurnalistik

Diskusi kelas

Koleksi hasil karya pribadi

Diskusi partisipasi di dalam kelas

12

12

NEWS PRODUCTION DAN NILAINYA DALAM SHARE DAN RATING

Mahasiswa paham tentang produksi berita dan nilai berita

Mahasiswa bisa memilah dan mengetahui tentang berita yang bernilai “jual” kepada public

Hasil evaluasi dan penilaian tentang share dan rating dari AC Nielsen

Hasil evaluasi dari bagian riset dan program

Membaca hasil riset

Membandingkan antara satu program dengan yang lain

Laporan hasil riset

Partisipasi dan Tanya jawab siswa dalam kelas

13

13

NEWS PRODUCTION

(HARD NEWS DAN FEATURE)

Mahasiswa paham cara pembuatan berita (hard news maupun feature)

Mahasiswa bisa mempraktekkan secara langsung cara pembuatan hard news maupun feature

Mahasiswa merancang untuk pembuatan berita (hard news) atau pun feature

Mengolah secara detail gambar dan narasi yang akan dipergunakan

Mahasiswa terbagi dalam 6 kelompok merancang untuk mempraktekkan pembuatan berita/feature

Teori

Contoh

Tugas kelompok dan dinilai untuk nilai tugas

14

14

COMMERCIAL (IKLAN) YANG MENARIK

Mahasiswa paham tentang kegunaan dan keistimewaan iklan

Mahasiswa mengetahui tentang iklan yang mempunyai pesan dan cara produksi iklan sehingga iklan bisa ‘mengikat’ konsumen

Pemutaran iklan

Teori iklan

Produksi iklan

Mahasiswa memilih iklan yang disukai dan menyampaikan alasannya

Contoh iklan

Partisipasi dalam diskusi dan tanya jawab

15

15

PUBLIC SERVICE ANNOUNCEMENT (PSA)

Mahasiswa paham tentang kegunaan PSA

Mahasiswa mengetahui manfaat PSA dan bagaimana membuat PSA yang menarik dan “menjual’

Pemutaran film PSA

Foto tentang PSA

Produksi PSA

Mahasiswa menilai PSA yang “menjual” dan member citra positif terhadap perusahaan ybs

Contoh PSA

Partisipasi dalam diskusi dan tanya jawab

Pengumpulan tugas

16

UJIAN AKHIR SEMESTER

Materi dari setelah ujian tengah semester

Menjawab soal untuk evaluasi nilai akhir

Last Updated on Saturday, 21 April 2012 05:19