Saturday, 20 December, 2014
You are here :

SAP atau Satuan Acara Perkuliahan (SAP) adalah pembagian materi setiap pertemuan suatu matakuliah, yang berisi :
1. Materi kuliah setiap pertemuan
2. Tujuan dari materi yang diberikan serta buku-buku acuan sebagai penunjang kegiatan perkuliahan.  

Yang dimaksud dengan tujuan dari materi yang diberikan adalah pemahaman dan pengertian minimal dari mahasiswa setelah mendapatkan materi perkuliahan tersebut.

Setiap matakuliah harus memiliki Satuan Acara Pengajaran (SAP) yang digunakan sebagai acuan bagi dosen matakuliah tersebut.


Warning: Parameter 1 to plgContentDjfContent::onAfterDisplayTitle() expected to be a reference, value given in /home/saptaru/public_html/libraries/joomla/event/event.php on line 67
SAP PSIKOLOGI KOMUNIKASI PDF Print E-mail
Written by fikom   
Saturday, 21 April 2012 05:42

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

FAKULTAS
JURUSAN
MATA KULIAH
KODE MATA KULIAH
BEBAN KREDIT
TAHUN AKADEMIK
: FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
: S1. ILMU KOMUNIKASI
: PSIKOLOGI KOMUNIKASI
: IK 13061
: 3 (TIGA) SKS
: 20 10 /20 11 (SEMESTER GANJIL)

 

No

Tatap Muka Ke

Pokok Bahasan

Tujuan Intruksi Umum (TIU)

Tujuan

Intruksi Khusus (TIK)

Materi

Kegiatan Intruksional

Referensi

Cara Evaluasi

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

1

1

Pengenalan Psikologi Komunikasi

Mahasiswa secara umum memahami apa yang dimaksud dengan komunikasi dan peran psikologi dalam komunikasi

Mahasiswa memahami ruang lingkup psikologi komunikasi, ciri pendekatan psikoogi komunikasi dan memahami penggunaan psikologi komunikasi

- Ruang Lingkup Psikologi Komunikasi

- Ciri Pendekatan Psikologi Komunikasi

- Penggunaan Psikologi Komunikasi

Brainstroming kelas

Pertanyaan Umum:

- Apa itu Psikologi?

- Apa itu Komunikasi?

- Mengapa dalam berkomunikasi perlu juga memahami psikologi?

Rakhmat (2005)

Melihat pada banyaknya jawaban dan inisiatif dari mahasiswa di kelas saat menjawab

2

2

Karakteristik Manusia Komunikan

Mahasiswa secara umum memahami peran manusia sebagai pelaku komunikasi

Mahasiswa secara khusus memahami konsepsi psikologi tentang manusia, faktor-faktor personal yang mempengaruhhi perilaku manusia dan faktor-faktor situasional yang mempengaruhi perilau manusia

- Konsepsi Psikologi Tentang Manusia

- Faktor-faktor personal yang mempengaruhi perilaku manusia

- Faktor-faktor situasional yang mempengaruhi perilau manusia

Tugas 1: Diskusi kelompok

Pertanyaan Umum:

- Peran manusia dalam proses komunikasi itu apa?

- Faktor-faktor yang mempengaruhi proses komunikasi manusia apa saja?

- Bagaimana membuat suatu komunikasi efektif jika melihat pada faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi?

Rakhmat (2005)

Melihat pada kualitas jawaban yang disertai dengan adanya contoh-contoh yang mendukung pernyataan atau jawaban mahasiswa akan hal umum yang ditanyakan

3

3

Sistem Komunikasi Intrapersonal

Mahasiswa secara umum memahami apa yang dimaksud dengan sistem komunikasi intrapersonal

Mahasiswa mempengaruhi faktor-faktor yang berperan dalam proses komunikasi interpersonal

- Sensasi

- Persepsi

- Memori

- Proses berpikir

Tugas 2: Kelompok

Buat makalah mengenai suatu kejadian dimana ada sebuah kesalahan dalam proses sensasi/ persepsi/ memori/ proses berpikir yang membuat sebuah komunikasi menjadi tidak efektif

Rakhmat (2005)

Ketepatan dalam pembahasan dari kejadian/peristiwa yang dipilih

4

4

Sistem Komunikasi Interpesonal

Mahasiswa secara umum memahami apa yang dimaksud dengan sistem komunikasi interpesoal

Mahasiswa mempengaruhi faktor-faktor yang berperan dalam proses komunikasi interpersonal

- Persepsi interpersonal

- Konsep diri

- Atraksi interpersonal

- Hubungan interpesonal

Tugas 3: Kelompok

Buat makalah mengenai bagaimana menciptakan suatu komunikasi interpesonal yang efektif pada jenis pekerjaan sales? Cari contoh misalnya pada proses menjual mobil

Rakhmat (2005)

Ketepatan dalam pembahasan yaitu bisa memberikan rancangan atau alur komunikasi yang efektif pada jenis pekerjaan sales

5

5

Sistem Komunikasi Kelompok

Mahasiswa mengetahui mengenai bentuk komunikasi dalam kelompok

Mahasiswa memahami pengertian dan karakteristik dari kelompok, faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi dalam kelompk, dan bentuk-bentuk komunikasi kelompok

- Klasifikasi Kelompok

- Faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan kelompok

- Bentuk-bentuk komunikasi kelompk

Tugas 4: Kelompok

Coba bahas bagaimana pola komunikasi yang terjadi dalam sebuah rapat MPR/DPR. Coba Anda tinjau secara teori bagaimana pola yang terjadi. Jika memungkinkan sertakan rekaman rapat yang bisa Anda peroleh dari Youtube (misalnya) masukkan ke CD dan bahas dalam paper Anda. Apakah komunikasi yang terjalin di dalam rapat tersebut sudah efektif? Atau belum efektif? Berikan penjelasan

Rakhmat (2005)

Ketepatan melihat atau membahas tugas ditinjau dari pemahaman akan teori dan bisa menyimpulkan apakah komunikasi yang dilakukan efektif atau tidak? Ada pula saran yang diberikan

6

6

Sistem Komunikasi Massa

Mahasiswa memahani bentuk-bentuk komunikasi massa

Mahasiswa memama apa yang disebut komunikasi massa, faktor-faktor yang mempengaruhi khalayak pada komunikasi massa, dan mahasiswa mengetahui efek dari penggunaan media dalam komunikasi massa

- Pengertian Komunikasi Massa

- Faktor-faktor yang mempengaruhi reaksi khalayak pada komunikasi massa

- Efek komunikasi massa

Tugas 5: Kelompok

Buat suatu iklan layanan (bebas) dengan menggunakan salah satu media. Format bisa dalam bentuk media cetak (dalam bentuk poster, koran, majalah, dll) maupun elektronik (visual/Auditori/Visual-Auditori)

Rakhmat (2005)

Ketepatan penggunaan media yang dipilih dalam efektivitas penyampaian iklan layanan

7

7

Mendengarkan dalam sebuah komunikasi

Mahasiswa memahami perbedaan mendengar dan mendengarkan dalam sebuah proses komunikasi

Mahasiswa secara khusus memahami tahapan mendengarkan, gaya mendengarkan yang efektif, perbedaan budaya dan gender dalam mendengarkan

- Tahapan dalam mendengarkan

- Gaya mendengarkan

- Budaya dan gender dalam proses mendengarkan

Tugas 6:

Role Play di Kelas

Berpasangan satu sebagai pemberi pesan dan satu sebagai penerima pesan (role play proses mendengarkan yang terjadi bagaimana). Self evalution pada masing-masing mahasiswa akan role play yang dilakukan (tuliskan di kertas)

Devito (2007)

Sudah bisakah masing-masing mahasiswa melihat perbedaan antara mendengar dan mendengarkan

8

8

Pesan Verbal

Mahasiswa memahami bentuk-bentuk komunikasi Verbal

Mahasiswa secara khusus memahami penggunaan bahasa dalam sebuah komunikasi, makna bahasa dalam komunikasi, dan peran bahasa dalam sebuah komunikasi

- Bahasa sebagai simbol

- Makna Denotasi dan Konotasi dalam Bahasa

- Penerapan bahasa dalam proses komunikasi

Tugas 7: Individual

Coba ambil salah satu topik dari koran/majalah/buku dan bahas bagaimana penggunaan bahasa di dalam media tersebut dalam penyampaian informasi. Analisis ketepatan penggunaan bahasa apakah mudah dipahami/ apa mungkin ada makna denotasi atau konotasi? dsbnya

Devito (2007)

Ketepatam dalam membahas topik yang dipilih ditinjau dari pembahasan mengenai penggunaan bahasa yang dipakai dalam topik tersebut

9

9

Pesan Non Verbal

Mahasiswa memahami bentuk-bentuk komunikasi Non Verbal

Mahasiswa memahami fungsi dari komunikasi non verbal, saluran-saluran dalam komunikasi non verbal, dan bentuk komunikasi non verbal dalam budaya

- Fungsi Komunikasi Non verbal

- Saluran-saluran Komunikasi Non Verbal

- Komunikasi non verbal dan budaya

Tugas 8: Individual

Cari sebuah rekaman video/film singkat dimana 100 persen menggunakan bahasa non verbal dalam mengkomunikasikan sesuatu, dan coba Anda paparkan apa yang sebenarnya hendak disampaikan atau dikomunikasikan oleh individu yang bersangkutan. Misalnya rekaman pantomin

Devito (2007)

Ketepatan mahasiswa dalam memaknai infornasi yang ditampilkan dalam komunikasi non verbal

10

10

Konflik dalam Komunikasi Interpersonal

Mahasiswa memahami kemungkinan terjadinya konflik dalam sebuah proses komunikasi

Mahasiswa memahami bentuk-bentuk konflik dalam komunikasi interpesonal, dampak dari konflik dalam komunikasi interpesonal, dan mahasiswa memahami bagaimana mengatasi konflik dalam sebuah komunikasi da

- Pengertian konflik

- Tahaoan dalam mengatasi konflik dalam proses komunikasi

Tugas 9: Individual

Cari sebuah kasus mengenai adanya konflik dalam sebuah komunikasi interpesonal dan bahas bagaimana cara mengatasi konflik yang terjadi

Devito (2007)

Ketepatan dalam memberikan saran mengenai ara mengatasi konflik yang terjadi

11

11

Kekuatan dalam sebuah komunikasi interpesonal

Mahasiswa mengetahui dalam sebuah komunikasi ada faktor-faktor power yang mempengaruhi sebuah efektivitas dari komunikasi

Mahasiswa mehami mengenai jenis-jenis power dalam komunikasi

- Principle of power

- Tipe-tipe power

- Communicating power

Tugas 10: Individual

Coba cari satu tokoh pemimpin boleh presiden, menteri, pemuka agama, coba analisis dari sisi power apa yang dimiliki oleh individu yang bersangkutan dan coba bahas bagaimana komunikasi yan mereka terapkan dengan power yang mereka punya.

Devito (2007)

Ketepatan dalam melihat power yang dimiliki oleh individu yang dipilih

12

12

Komunikasi Antar Budaya

Mahasiswa mengetahui faktor budaya yang digunakan dalam komunikasi Interpersonal

Mahasiswa memahami mengenai faktor budaya dalam komunikasi antar budaya

High Context dan Low Contex communication

Tugas individu: Mahasiswa memberikan contoh mengenai hambatan dan solusi dalam komunikasi yang terjadi pada budaya tinggi dan budaya rendah

Human Communication, Tubb and Moss

De vito (2007)

Model komunikasi dengan menggunakan pola komunikasi budaya tinggi dan budaya rendah

13

13

Etika dan Komunikasi

Mahasiswa mengetahui Etika dalam berkomunikasi dengan orang lain

Mahasiswa memahami kode etik ketika berbicara dengan orang lain agar komunikasi dapat berlangsung dengan baik.

- Prinsip-prinsip etika representative yang dikemukakan pemikir barat.

- Isup[enting dalam etika seperti berbohong dan alasan-alasan yang sering diberikan untuk berbohong

- Etika kerahasiaan, penyingkapan dan hak atas privasi dalam kehidupan public dan kehidupan pribadi

- Isu mengenai pembocoran rahasia dan pembocoran informasi

Tugas: Mahasiswa mendiskusikan mengenai jenis-jenis kebohongan dan pembahasan mengenai UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP)

Human communication, Tubb and Moss (2005)

Buku: UU KIP

Ketepatan mahasiswa untuk menggunakan prinsip-prinsip etika representative dalam berbicara

Last Updated on Saturday, 21 April 2012 05:45